Poin Penentu Besaran Biaya Notaris atau PPAT 2019

Diposting pada

Oke teman-teman kali ini saya akan membahas tentang poin penentu besaran biaya notaris atau PPAT

Bagi Anda yang masih bingung ingin membuat sertifikat tanah jual beli tanah atau Akta Jual beli tanah Anda bisa membuatnya di notaris atau PPAT

Bagi Anda yang belum pernah atau belum paham gimana cara membuat sertifikat tanah kasih tahu cara-caranya pada postingan ini.

Kemudian muncul pertanyaan, Apa sih perbedaan Notaris dan PPAT?

Okeh, Saya akan bahas satu persatu perbedaannya

Secara umum notaris dan PPAT memiliki kewenangan yang sama dalam membuat sertifikat tanah. Jadi Anda boleh memilih notaris atau PPAT dalam membuat sertifikat tanah. Mereka sama-sama legal dan berbadan hukum.

Notaris

Notaris adalah pejabat yang ditunjuk oleh kemenkumham dalam membuat sertifikat atau akta tanah.

Notaris diatur dalam undang-undang nomor 30 tahun 2004 tentang jabatan notaris yang memiliki kewenangan sebagai berikut:

  • Membuat akta otentik atau perjanjian Atau keputusan
  • Surat atau perjanjian di bawah tangan (warmerking)
  • Membuat salinan surat asli
  • Membuat Sertifikat tanah dan Akta Jual Beli

Jadi bisa kita simpulkan bahwa notaris merupakan pejabat yang sah dimata hukum dalam membuat sertifikat tanah.

Selanjutnya, yaitu PPAT

PPAT adalah singkatan dari Pejabat Pembuat Akta Tanah. PPAT memiliki ruang lingkup yang lebih sempit atau lebih khusus yaitu hanya membuat sertifikat atau akta tanah. PPAT juga merupakan lembaga yang sah secara hukum. PPAT memiliki payung hukum yaitu Nomor 37 tahun 1998 tentang jabatan PPAT bahwa PPAT berwenang untuk membuat akta hak milik atas satuan rumah susun.

Nah, kemudian Apakah Anda harus pilih Notaris atau PPAT

sepengetahuan saya, dulu Kecamatan itu dilantik sebagai PPAT, jadi sangat mudah ditemukan di setiap kecamatan. Tapi sekarang kecamatan tidak lagi menjabat sebagai PPAT.

Sekarang anda lebih mudah menemukan notaris dibanding dibandingkan PPAT kecamatan.

Jadi dengan kata lain, saya lebih merekomendasikan anda untuk membuat Sertifikat tanah di notaris terdekat di lokasi anda.

Seandainya di daerah anda masih terdapat Kecamatan yang masih menjabat sebagai PPAT, saya lebih menyarankan anda untuk membuatnya di notaris saja. Karena notaris tidak ada yang dimutasi. Jadi lebih mudah dan aman untuk memantau proses pembuatan sertifikatnya.

Murah yang mana, Notaris Atau PPAT?

sumber: liputan6.com

Kalau berbicara tentang biaya pembuatan sertifikat tanah di Notaris dan PPAT, menurut pengalaman pribadi saya biayanya hampir sama.

Tetapi saya sarankan, anda harus mengetahui poin apa saja yang menjadi dasar penetapan biaya sertifikat di Notaris atau PPAT.

1. Lokasi Tanah

Lokasi tanah tergantung NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). Besaran nilai NJOP bisa anda lihat pada kertas SPPT/PBB biasanya tercantum luas dan harga permeternya. Nilai NJOP tergantung luas dan lokasinya. NJOP di Jakarta pasti lebih mahal dari pada di Bandung

2. Pajak

Pajak ini ada dua macam, pertama PPH atau pajak untuk penjual tanah, kedua BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan/pajak untuk pembeli). Pajak PPH harus dibayar oleh Penjual, dengan biaya yang sudah ditentukan yaitu 5% dari harga jual.

Misalnya Anda membeli tanah dengan harga dengan harga 1.000.000.000 maka PPH nya 50 juta. (1 M x 5%). Tetapi banyak para penjual tanah yang tidak ingin tahu tentang PPH ini. Oleh karena itu anda sebagai pembeli biasanya Anda yang membayar PPH nya.

Yang kedua itu BPHTB. Kalau BPHTB adalah pajak yang ditanggung oleh pembeli. Tarif dasar BPHTB yaitu 5% dari harga beli. Cara menghitungnya  sedikit berbeda, yaitu 5% dari harga beli dikurangi NJOPTKP/NPTKP (Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak). Besaran NJOPTKP berbeda–beda tergantung dari wilayahnya. Anda bisa lihat di SPPT/PBB jumlah nilai objek tidak kena pajak. Di SPPT itu biasanya ada nilai objek pajak dan ada juga nilai objek yang tidak kena pajak.

Nilai NJOPTKP/NPTKP berbeda di setiap wilayahnya. kalau anda membeli tanahnya di kota tentu harganya pasti lebih mahal dibanding beli tanah di desa.

3. Tarif Pengurusan di Kantor Pertanahan / BPN

Notaris menentukan biaya itu tergantung dari biaya yang berlaku di BPN daerahnya masing-masing jadi jelas biaya sertifikat di setiap wilayahnya itu beda-beda.

Saran saya anda datang saja dulu ke notaris untuk konsultasi dan menanyakan berapa biaya yang harus dipersiapkan.

4. Biaya Jasa notaris

Setiap notaris memiliki tarif yang berbeda-beda. Tapi sekarang di setiap kabupaten notaris memiliki persatuan notaris se kabupaten. Sehingga tarif notaris di satu kabupaten bisa dikatakan relatif sama.

5. Jangka waktu pengurusan sertifikat tanah

Sesuai pengalaman saya, biaya sertifikat akan terasa lebih mahal jika anda meminta proses cepat. Biasanya notaris meminta tarif yang lebih mahal karena mereka memiliki beberapa tahapan yang bisa didahulukan dalam prosesnya.

Itulah Lima poin penentu besaran biaya notaris atau PPAT.

Saran saya, sebaiknya anda meminta rekomendasi dan informasi dari rekan atau teman anda yang pernah membuat sertifikat terkait notaris yang kredibel dan bertanggung serta berkomitmen terhadap tugasnya.

Karena pasti ada perbedaan pelayanan yang ditawarkan dari tiap notaris.

Untuk menghindari penipuan dari karyawan notaris, sebaiknya anda memiliki bukti tertulis tentang serah terima dokumen dan pembayaran. Karena proses pensertifikatan memerlukan waktu yang lama dan persyaratan yang cukup banyak.

Sehingga anda bisa meminimalisir hal-hal negative yang mungkin muncul di kemudian hari.

Semoga anda mendapatkan pencerahan dari postingan saya terkait biaya notaris.

Jangan lupa minta rekomendasi dari pegawai BANK, karena biasanya pegawai Bank pernah bekerja sama dengan beberapa notaris. Oleh karena itu anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi mengenai kredibilitas notaris.

Gambar Gravatar
Soraya Utami adalah seorang penulis yang mempunyai pengalam di bidang perbankan selama 6 tahun dan menjalani profesi seorang marketing di salahsatu Bank Swasta di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.