Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong

Diposting pada

Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong tahun 2019 – Getreceh.com. Seperti pengalaman saya ketika menjadi pegawai bank, masih banyak nasabah yang ragu untuk mengajukan kredit dengan Jaminan Sertifikat Tanah Kosong karena biasanya bank lebih tertarik pada pengajuan pinjaman jaminan sertifikat tanah yang ada rumahnya.

Persepsi seperti itu memang benar adanya, tetapi perlu anda ketahui tidak semua nasabah yang memiliki jaminan sertifikat tanah kosong ditolak bank.

Dalam beberapa kasus, memang gadai sertifikat tanah kosong kurang diminati oleh bank, karena kurang marketable. Tetapi semua itu tergantung dari lokasi tanahnya.

Jika anda memiliki tanah kosong ingin digadaikan ke bank sebaiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan tanah kosong dalam pandangan Perbankan.

Kelebihan Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong

  • Biaya Pengikatan Notarisnya Murah

Seperti yang sudah saya bahas tentang biaya potongan Pinjaman Bank pada artikel yang lain, kalau anda belum tahu biayanya silahkan klik linknya untuk mengetahui biayanya.

Biaya notaris pengikatan Jaminan tanah kosong cukup murah dari pada sertifikat tanah yang ada rumahnya. Karena yang dihitung hanya tanahnya saja. Biayanya yang dibayar sekitar 600.000 an.  Sedangkan  Jaminan sertifikat rumah dihitung semuanya. Biayanya notarisnya sekitar 2 juta lebih.

Itulah kelebihan pinjaman agunan sertifikat tanah kosong bagi nasabah.

Kekurangan Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong

  • Nilai likuidasinya Kecil

Salah satu kekurangan Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Tanah Kosong adalah harga jaminan yang murah, oleh karena itu anda tidak akan bisa mengajukan kredit yang besar.

Tanah kosong dianggap murah karena yang dihitung hanya tanahnya saja.

Pengalaman saya ketika menghitung harga pasar tanah kosong dibandingkan dengan nilai likuidasi bank sangat kecil perbandingannya, tetapi tidak semua berlaku seperti itu. Harga tanah kosong tergantung dari Lokasi tanah itu sendiri.

Kalau tanah kosong lokasinya dekat dengan bukit tentu harganya murah. kalau letaknya seperti ini rata-rata nasabah hanya bisa mengajukan dibawah 70 juta. meskipun harga pasar tanah itu mencapai 200 juta misalnya.

Selain itu, meskipun tanah kosong yang berada di pusat kota tetap akan berbeda perhitungan harganya dengan tanah yang sudah memiliki bangunan.

Misalnya harga tanah yang ada rumah nya, tanah itu akan dihitung sekitar 80% dari harga pasar. Tetapi harga tanah kosong hanya akan dihitung sekitar 65 % dari harga pasarannya.

Hanya itu saja kekurangan dan kelebihan Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong yang sering dihadapi oleh saya selama bekerja di bank.

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihannya, kemudian ada beberapa dokumen yang istimewa untuk jaminan tanah kosong. Berikut ini penjelasannya.

Dokumen Persyaratan yang harus dilengkapi

Karena jaminannya berupa tanah kosong, sebaiknya jaminan itu atas nama anda sendiri jangan milik orang lain. karena, tidak hanya akan membuat harganya semakin murah tetapi juga harus melibatkan pemilik jaminan.

Jika tanah itu milik sendiri maka syarat dokumen yang harus disiapkan adalah :

  • KTP, KK, Surat Nikah / Akta Cerai
  • Fotokopi Sertifikat
  • SPPT terbaru

Apakah Tanah Kosong Bisa Dijaminkan ke Bank ?

Bisa atau tidak dijadikan jaminan tergantung dari pihak Bank dan letak tanah itu sendiri. Beberapa bank lebih baik menolak jaminan tanah kosong apabila harganya murah tetapi nasabah mengajukan kredit besar.

Selain itu, Pihak bank lebih menghindari tanah kosong yang letaknya kurang strategis, berikut ini salah satu ciri tanah kosong yang kurang strategis:

  • Tanah kosong ada di dalam gang sempit
  • Terletak di daerah rawan longsor
  • Dekat perbukitan
  • Tidak terdapat akses jalan atau dikenal dengan tanah helicopter (hanya bisa dilalui melalui udara).

Tips Jaminan Sertifikat Tanah Kosong Agar Disetujui

  • Sebaiknya anda menghindari ciri-ciri tanah kosong yang kurang strategis agar tanah anda bisa dijaminkan.
  • Usahakan tanah kosong milik anda sendiri. Kalau milik pihak ketiga harga jaminan nya akan semakin murah dan besar kemungkinan akan ditolak.
  • Jangan terlalu besar mengajukan pinjamannya. Ikuti saja saran dari pihak bank.
  • Tanah tidak dalam sengketa.
  • Usahakan tanah kosong itu memiliki akses jalan yang bisa dilalui mobil.

Itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mengajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong.

Gambar Gravatar
Soraya Utami adalah seorang penulis yang mempunyai pengalam di bidang perbankan selama 6 tahun dan menjalani profesi seorang marketing di salahsatu Bank Swasta di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.