SYARAT PINJAMAN BANK BRI JAMINAN SERTIFIKAT RUMAH 2019

Diposting pada

Apakah anda masih bingung belum tahu syarat pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah? tak perlu khawatir saya akan memberikan pengalaman gadai sertifikat rumah ke BRI.

Sertifikat tanah atau Surat Hak Milik (SHM) merupakan aset berharga.  Di daerah pedesaan sertifikat tanah atau SHM jarang dimiliki oleh warga karena kurangnya pemahaman tentang sertifikat.

Kelebihan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah atau SHM adalah anda memiliki peluang mendapatkan pinjaman yang lebih besar karena pihak bank akan lebih tenang dan leluasa memberikan pinjaman.

Perlu anda ketahui juga pinjaman uang dengan jaminan sertifikat tanah tidak mempengaruhi bunga pinjaman itu sendiri.

Besar dan kecilnya bunga pinjaman bank tergantung dari program Bank itu sendiri. Baca juga Bunga Pinjaman Bank BRI terbaru.

Nah bagi anda yang mempunyai profesi sebagai wiraswasta, memiliki Sertifikat tanah merupakan dokumen yang wajib anda miliki karena suatu saat anda akan membutuhkan modal yang besar dengan cara mengajukan pinjaman ke Bank BRI, tetapi tidak semuanya harus mengajukan ke Bank BRI ya…

Syarat Pinjaman Dana Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Di Bank BRI:

  • Fotocopy KTP suami dan istri (bagi yang sudah menikah)
  • Buku nikah suami / istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Pas foto suami dan istri ukuran 4×6 masing-masing 2 lembar
  • Surat Keterangan Usaha dari kelurahan atau SIUP (usaha skala besar)
  • Copy NPWP
  • Surat domisili (jika mengajukan diluar cabang sesuai alamat KTP)

Baca Juga:

Kredit Tanpa agunan BRI
Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong
Tabel Angsuran Pinjaman Jaminan sertifikat rumah BRI 

Pada dasarnya syarat pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah sama saja dengan pinjaman yang lain akan tetapi ada beberapa dokumen yang harus anda tambahkan sebagai bukti kepemilikan agunan kredit berikut ini list nya:

  • Sertifikat tanah Asli atas nama sendiri atau pasangan dan Copy nya.
  • Bukti Bayar Pajak Bumi dan bangunan terbaru atau disebut juga SPPT/PBB.
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Biasanya IMB dibutuhkan apabila pengajuan diatas 100jt atau agunan tidak cukup meng-cover pengajuan pinjaman.

Syarat pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang lain

Syarat pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah atas nama orang lain atau milik pihak ke 3 (ayah dan ibu kandung) hendaknya melampirkan:

  • KTP Pemilik SHM Suami dan Istri.**
  • KK Pemilik SHM.
  • Surat Nikah Pemilik SHM.
  • Sertifikat Tanah asli dan copynya
  • Bukti Bayar Pajak Bumi dan bangunan terbaru atau disebut juga SPPT/PBB.
  • IMB (Ijin Mendirikan Bangunan).**

Catatan:

**IMB biasanya opsional. IMB diperlukan jika jaminan tidak meng cover pinjaman. Biasanya bangunan tidak memiliki IMB dinilai 50 persen saja.

**Jika terdapat kesalahan cetak dalam sertifikat (Misal perbedaan nama antara sertifikat dan si pemilik sertifikat) yang bersangkutan. Kalian bisa meminta surat keterangan beda nama dari kelurahan. Surat tersebut memberikan bukti bahwa nama yang tercantum di sertifikat dengan nama yang tercantum di KTP adalah orang yang sama.

Pemilik SHM yang tertera pada sertifikat wajib masih Hidup, Anda tidak dapat menjaminkan Sertifikat yang pemiliknya sudah meninggal dunia karena pemilik SHM harus menandatangani izin meminjamkan SHM untuk diagunkan ke bank. Selain itu SHM yang pemiliknya sudah meninggal wajib Balik Nama ke ahli waris apabila ingin diagunkan ke bank.

Begitulah kurang lebih nya prosedur pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah.

Nilai likuidasi Jaminan Sertifikat Rumah.

Nilai likuidasi jaminan berbeda-beda di setiap Bank, tetapi pada umumnya bank akan menilai 75 s/d 80 persen dari nilai likuidasi bank tergantung kepemilikan SHM.

Misalnya:

Andi mengajukan pinjaman di Bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah milik sendiri sebesar RP. 190.000.000 sedangkan harga pasar tanah rumah andi daerahnya RP. 200.000.000. Bank akan menghitung misalnya likuidasi 75 persen x 200.000.000 = 150.000.000 taksiran plafon yang akan di ACC oleh Bank.

Jika mengajukan pinjaman Bank BRI agunan sertifikat rumah atas nama pihak ke 3, Bank biasanya menilai 50 persen dari harga pasar. Sebisa mungkin ajukan pinjaman ke Bank BRI dengan agunan milik sendiri atau pasangan anda….. jangan pasangan tetangga wkwkwkwk.

Itulah beberapa informasi terkait Syarat pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah 2019 semoga bermanfaat. Sebelum mengajukan pinjaman BRI anda harus pertimbangkan segala resiko yang mungkin timbul di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.