Cara Mengurus Balik Nama Sertifikat Rumah Sendiri 2018

Diposting pada

Para pengunjung www.getreceh.com yang setia, kali ini saya akan membahas tentang cara mengurus sertifikat rumah sendiri, dengan beberapa pembahasan lainnya yaitu: Cara Mengurus Balik Nama Sertifikat Rumah Sendiri 2018, cara mengurus tanah warisan, cara mengurus sertifikat rumah sendiri dari AJB. Berdasarkan pengalaman saya dahulu bekerja di perbankan yang sudah tidak asing lagi dengan proses SHM, AJB dan AKTA HIBAH. Mengurus sertifikat itu mudah sekali tetapi bagi bapak / ibu yang belum terbiasa mungkin sedikit sulit, karena masih asing dengan istilah istilah dan dokumen yang belum bapak / ibu ketahui sebelumnya.

Tapi jangan berkecil hati, di artikel ini saya akan kasih tahu bagaimana cara mengurus balik nama sertifikat rumah sendiri dari AJB, SHM, SHGM, SPPT/PBB bahkan Hibah dan Warisan, karena banyak diantara bapak dan ibu yang bertanya tentang cara Mengurus Sertifikat Rumah Sendiri karena tidak tahu caranya, persyaratannya, dan biayanya. Bahkan  ada yang sudah bertahun tahun belum jadi sertifikatnya, padahal biayanya sudah dibayar.

Perlu Anda Ketahui Notaris dan Bank tidak membuat SHM.

Lembaga yang berwenang untuk membuat Sertifikat Tanah adalah BPN, sedangkan notaris hanya bisa membuat AJB dan AKTA HIBAH, dalam memproses sertifikat, Notaris dan Bank hanya membantu proses pembuatan SHM nya, jadi Notaris dan Bank tidak membuat SHM ya bapak / ibu.

Nah sekarang, Bapak dan Ibu tidak perlu khawatir lagi ketipu sama oknum yang ingin memanfaatkan Bapak dan Ibu semua karena saya akan kasih tahu caranya.

Sebelum ibu mengurus sertifikat sendiri ketahui dulu riwayat kepemilikan tanah yang Bapa dan Ibu miliki,

Apakah dari warisan?

Apakah dari hibah ?

Atau hasil membeli?

Karena persyaratannya berbeda-beda. Ok, sekarang saya akan bahas satu persatu biar jelas. Siapkan saja kopinya dan cemilannya biar konsentrasi.

Owh ia kalo ibu bapa belum jelas silahkan tanyakan saja di kolom komentar karna tiap hari saya update.

Pembahasan pertama, cara mengurus sertifikat rumah sendiri dari Salinan Letter C/SPPT/PBB hasil pembelian tapi bukan baliknama.

Kalau riwayat tanahnya bapak/ibu hasil membeli dan dokumennya masih berupa SPPT/PBB, Tahapannya dokumennya seperti ini:

LETTER C/SPPT/PBB – AKTA – SHM dan Persyaratannya berikut ini

Persyaratan Mengurus Sertifikat Rumah Sendiri dari SPPT/PBB hasil membeli (bukan balik nama)

Persyaratan mengurus sertifikat rumah sendiri dari SPPT

Catatan:

Pada kasus ini (membuat sertifikat dari SPPT/PBB hasil membeli ) sebelum dibuatkan SHM (sertifikat) pasti akan dibuatkan AJB terlebih dahulu, jadi tidak bisa langsung ke SHM. Sedangkan pembuatan AJB (Akta Jual Beli Tanah) dilakukan oleh notaris.

Kesimpulannya, Bapak/Ibu tidak bisa melewati proses AJB karena tanahnya hasil jual beli. Jadi sebaiknya konsultasi dengan Notaris terdekat untuk pembuatan AJB.

Lamanya proses AJB sekitar 2 minggu bahkan cukup cepat tergantung lengkapnya dokumen yang dibutuhkan diatas.

Setelah jadi AJB nya, Silahkan anda ajukan ke Pihak BPN untuk membuat SHM nya dengan membawa dokumen diatas. Tetapi perlu diingat BPN tetap melibatkan notaris (PPAT) dalam memproses tanah hasil jual beli karena wajib dibuatkan AJB terlebih dahulu sebelum diproses ke SHM.

Berapa Biaya pembuatan AJB ??????

Persyaratan Cara Mengurus Sertifikat Rumah Sendiri dari AJB

Kalau Dokumen tanahnya sudah AJB (AKTA JUAL BELI) maka syaratnya seperti berikut ini.

Cara Mengurus Sertifikat Rumah Sendiri dari AJB

Setelah dokumennya lengkap, silahkan anda bawa ke BPN untuk mengajukan proses sertifikat.

Biaya pembuatan SHM dari AJB???

Silahkan Baca Artikel : Biaya Pembuatan SHM dari AJB

Cara Mengurus Balik Nama Sertifikat Rumah Sendiri

Kalo Bapak/Ibu membeli tanah coba cek dahulu dokumen tanah tersebut, dikhawatirkan penjual tidak jujur. Karena pengalaman saya ada yang menjual tanah dan ngakunya hanya SPPT saja, padahal tanah tersebut sudah memiliki SHM yang sedang dijaminkan di bank dan dalam keadaan macet. Hal ini sangat berbahaya dan tidak diharapkan oleh siapapun.

Oleh karena itu, cek terlebih dahulu ke kelurahan atau kecamatan kalau perlu ke BPN atau notaris terdekat dengan membawa SPPT nya. Jika Bapak/Ibu membeli tanah di area perum pasti tanah tersebut memiliki SHGB atau SHM.

Syarat balik nama dari sertifikat atau SHGB tentunya lebih mudah dan sedikit dibandingkan Syarat mengurus sertifikat rumah sendiri dari SPPT atau AJB. Nah berikut ini cara mengurus balik nama sertifikat rumah sendiri dari

Persyaratan Mengurus Balik Nama Sertifikat Rumah Sendiri dari SHM dan SHGB

Persyaratan Mengurus Balik Nama Sertifikat Rumah Sendiri dari SHM dan SHGB

Setiap transaksi jual beli tanah dengan dokumen apapun, pasti harus menempuh proses AJB. jadi dalam kasusu ini meskipun sudah SHM/SHGB akad dibaliknama wajib membuat AJB oleh notaris, silahkan anda bebas pilih notaris dilingkungan Kota anda. setelah dokumen lengkap anda dapat memproses baliknama sendiri ke BPN dengan membawa dokumen diatas. Proses balik nama sertifikat sangat cepat bisa sampai 2 minggu saja bahkan kurang

Persyaratan Cara Mengurus Sertifikat Rumah Sendiri dari HIBAH/WARIS.

Cara Mengurus Sertifikat Rumah Sendiri dari HIBAH

Untuk tanah yang berasal dari hibah atau waris tentunya dari segi biaya lebih ringan. akan tetapi harus melibatkan para ahli waris. kalo Ahliwaris nya banyak dan berada jauh diperantauan tentunya menjadi masalah sendiri karena wajib tanda tangan dokumen persetujuan perubahan kepemilikan tanah.

silahkan Baca : Biaya Pembuatan SHM dari Akta Hibah dan Waris

Nah sekarang Bapak dan Ibu sudah memiliki gambaran tentang Cara Mengurus Balik Nama Sertifikat Rumah Sendiri 2018 semoga bermanfaat, kalau ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar.

Gambar Gravatar
Soraya Utami adalah seorang penulis yang mempunyai pengalam di bidang perbankan selama 6 tahun dan menjalani profesi seorang marketing di salahsatu Bank Swasta di indonesia.

2 thoughts on “Cara Mengurus Balik Nama Sertifikat Rumah Sendiri 2018

  1. siang mba, mau tanya kalo saya mau ganti nama sertifikat rumah yang masih atas nama ibu saya saat ini, prosesnya gimana. kondisi ibu alhamdulillah masih sehat dan saya anak tunggal
    mohon pencerahannya, makasih sblmnya

    1. Saran saya dengan cara proses dijualbelikan saja diriwayat kepemikannya baliknamanya, atau dengan cara hasil hibah dari orang tua ke anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.