CARA MENCAIRKAN JAMSOSTEK ONLINE

Diposting pada

www.getreceh.com – Baru-baru ini banyak teman-teman saya para karyawan swasta bertanya bagaimana cara mencairkan jamsostek online? Mereka yang hendak mencairkan dana jamsostek atau BPJSTK secara onlie. Alasannya karena lamanya menunggu antrian, bahkan banyak para karyawan yang datang jauh-jauh harus pulang kembali karena kurang persyaratan bahkan habis nomor antriannya.

cara mencairkan jamsostek secara online Terbaru sangat mudah dilakukan, tetapi butuh ketelitian. Tidak perlu antri, bisa dilakukan dari rumah, berkas cukup di scan dan upload, setelah selesai tinggal menunggu konfirmasi untuk datang ke kantor BPJS untuk verifikasi keaslian dokumen dan pencairan dana, mudah bukan? Sebelum saya membahas cara mencairkan jamsostek online, silahkan lengkapi terlebih dahulu persyaratan berikut ini:

  1. Persyaratan yang harus dipersiapkan
  • Fotocopy KTP dan Aslinya
  • Fotocopy kartu peserta BPJS TK/Kartu JAMSOSTEK dan Aslinya
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Aslinya
  • Fotocopy Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja) dan Aslinya
  • Fotocopy buku tabungan bank dan Aslinya (harus atasnama sendiri). Rekening Bank Apasaja yang penting masih aktif saat klaim.

Registrasi dulu kartu BPJS anda ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim.bpjs

cara mencairkan jamsostek online

Keterangan:
  • Nomor E-KTP : isi nomor identitas sesuai EKTP Anda, jumlahnya ada 16 digit;
  • Nama lengkap : isi dengan nama lengkap sesuai dengan EKTP;
  • Tanggal lahir : isi dengan tanggal lahir, formatnya DDMMYY. Contoh: 170845;
  • Nomor KPJ : isi dengan nomor KPJ Anda, jumlahnya 11 digit;
  • Alasan klaim : pilih menu drop down yang tersedia;
  • Nomor ponsel : isi dengan nomor ponsel yang masih aktif. Lewat nomor ini, Anda akan mendapatan kode verifikasi atau PIN;
  • Alamat e-mail : isi dengan alamat e-mail yang masih aktif dan Anda pakai. Lewat e-mail ini, Anda akan mendapatkan kode verifikasi atau PIN

Jika anda sudah mendaftar, Silahkan login dengan memasukan email dan PIN

Pilih Klaim Saldo JHT

cara mencairkan jamsostek online

Kemudian klik “Submit Form” anda akan diminta untuk mengisi beberapa kolom. Isikan saja sesuai datanya, karna cukup mudah.

Menunggu Konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan

Setelah selesai mengisi data dengan lengkap dan benar,anda akan menerima email dari BPJSTK sebagai verivikasi telah mengajukan klaim dan telah berhasil direkam dan sedang dalam proses persetujuan sesuai Cabang BPJSTK ditempat anda

Biasanya proses verifikasi BPJS Ketenagakerjaan membutuhkan waktu selama 1 x 24 jam. Silahkan anda tunggu sampai ada informasi lanjutan lewat e-mail. Jika e-mail konfirmasi lanjutan sudah anda dapatkan, silahkan di cetak sebagai bukti pengajuan klaim.
Kemudian Anda akan diminta untuk datang ke kantor cabang dengan membawa dokumen asli serta salinannya. Setelah tiba di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, tunjukkan dokumen serta e-mail konfirmasi pada petugas. Agar tidak perlu antri lagi.

Dokumen yang harus anda bawa adalah
Fotocopy KTP dan Aslinya
Fotocopy kartu peserta BPJS TK/Kartu JAMSOSTEK dan Aslinya
Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Aslinya
Fotocopy Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja) dan Aslinya
Fotocopy buku tabungan bank dan Aslinya (harus atasnama sendiri). Rekening Bank Apasaja yang penting masih aktif saat klaim.

proses transfer saldo BPJS Ketenagakerjaan yang membutuhkan waktu normal 10 hari kerja sampai dana JHT dikirim ke rekening Anda.

Demikian cara mencairkan jamsostek online cukup mudah sekali. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Soraya Utami adalah seorang penulis yang mempunyai pengalam di bidang perbankan selama 6 tahun dan menjalani profesi seorang marketing di salahsatu Bank Swasta di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.