Cara Mencairkan Jamsostek 2018

Diposting pada

Cara Mencairkan Jamsostek 2018

Cara Mencairkan Jamsostek 2018 – Sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan Kartu Jamsostek atau BPJS TK adalah aset berharga, karena setiap karyawan akan dipotong gajinya sebagai saldo kartu Jamsostek atau BPJS TK. Kartu Jamsostek ini suatu saat pasti akan anda cairkan uangnya. Cara Mencairkan Jamsostek atau BPJS TK sangat mudah, tetapi anda harus tahu beberapa aturan untuk mencairkan kartu jamsostek atau BPJS TK anda.

Prosedur Pengajuan Pencairan Jamsostek JHT 100%:

  • Mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  • mengisi formulir pengajuan klaim JHT,
  • Menandatangani surat pernyataan sedang tidak bekerja di perusahaan manapun,
  • Ceklis kelengkapan berkas,
  • Terakhir transfer seluruh saldo JHT ke nomor rekening bank.

Pencairan Jamsostek tidak dapat diambil sebagian, harus 100%.

Pastikan anda sudah TIDAK AKTIF bekerja di sebuah perusahaan.

Jika anda resign dari perusahaan tanggal 1 Januari 2018, maka anda dapat mencairkan jamsostek anda pada bulan Maret 2018. Kenapa ??? pada bulan Januari anda masih terdaftar sebagai peserta Jamsostek, Bulan Februari, perusahaan anda akan melaporkan bahwa anda sudah bukan peserta Jamsostek lagi. Bulan Maret anda sudah terverifikasi bukan peserta Jamsostek dan dapat mencairkan saldo Jamsostek anda.

Saya Punya dua kartu, Jamsostek dan BPJS TK, Apakah bisa dicairkan satu persatu?

Anda Tidak dapat mencairkan salah satu kartu Jamsostek atau BPJS TK, karena kedua kartu tersebut merupakan kartu yang sama, hanya beda tahun publishnya.

Selain itu, salah satu kartu anda masih terdaftar sebagai karyawan diperusahaan. Jadi kartu anda harus tidak aktif semuanya.

Persyaratan Untuk Mencairkan Jamsostek JHT

Bagi Anda yang ingin mencarikan semua saldo Jamsostek JHT, maka Anda harus berhenti bekerja terlebih dahulu, dengan cara resign  atau PHK. Berikut dokumen yang harus anda persiapkan:

  1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan (Asli dan Copy)
  2. Paklaring; Surat Keterang Berhenti Bekerja dari Perusahaan (Asli dan Copy)
  3. KTP atau SIM (Asli dan Copy)
  4. Kartu Keluarga (Asli dan Copy)
  5. Buku Rekening Bank mana saja dan harus Atas nama sendiri (Asli dan Copy)
  6. Akte Penetapan PHK (bagi yang terkena PHK) Asli dan Copy
  7. Formulir Permohonan pencairan dana Jamsostek dan BPJS TK (disediakan oleh petugas)

Semua persyaratan wajib Anda sertakan dalam format asli dan fotokopi ketika akan mencairkan dana Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan. Formulir pengajuan pembayaran jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan ada yang dapat di unduh di website BPJS Ketenagakerjaan, tetapi setiap cabang memiliki kebijakan yang berbeda. Ada beberapa cabang yang dibatasi dalam melayani permohonan pencairan dana jamsostek.

Perlu anda ingat, meskipun bisa mengajukan klaim secara online, Anda tetap harus mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk langkah pencairan dana. Karena BPJS Ketenagakerjaan perlu memastikan keaslian seluruh dokumen berikut data diri Anda.

Demikian deskripsi cara mencairkan Jamsostek 2018, sebelum anda mendatangi Cabang BPJS TK pastikan anda melengkapi semua persyaratannya, agar tidak bolak balik menunggu antrian.

Gambar Gravatar
Soraya Utami adalah seorang penulis yang mempunyai pengalam di bidang perbankan selama 6 tahun dan menjalani profesi seorang marketing di salahsatu Bank Swasta di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.