6 Cara Mencari Nasabah Kredit Bank Dengan efektif

Diposting pada

Mentok cara mencari nasabah simpan pinjam? Joss banget deh tips 6 cara mencari nasabah kredit bank dengan efektif ini. Para pengusaha juga bisa lho mencobanya untuk meningkatkan penjualan dengan pemasaran yang tepat.

Pemasaran adalah salah satu kunci untuk mencapai sebuah target perusahaan. Jika target perusahaan tercapai berarti perusahaan itu telah sukses. Untuk mencapai target itu dibutuhkan seorang marketing yang handal dan apresiasi yang tinggi untuk memacu semangatnya.

Seperti pengalaman saya menjadi seorang marketing Bank. Menjadi seorang marketing Bank itu harus memiliki ide fresh, semangat, pantang menyerah dan pengorbanan. Saya mengatakan hal ini bukan tanpa alasan, karena marketing merupakan posisi terdepan dalam membantu pencapaian target perusahaan akan berusaha dengan berbagai cara agar target tercapai. Bahkan dengan rela mengeluarkan uang untuk ngopi bareng calon nasabah sekali pun.

Jika marketing memiliki strategi dan apresiasi yang minim dari perusahan, sulit rasanya untuk mencapai sebuah target yang maximal.

Coba lihat, kenapa Mikro Bank Mandiri dengan target yang besar dan angsuran pinjaman yang agak mahal tetapi mikronya bisa berkembang?

Itu semua disebabkan cara mencari nasabah kredit mikro yang efektif dan support yang diberikan perusahaan kepada Marketing cukup besar.

Mencapai sebuah target merupakan kewajiban yang harus dicapai oleh seorang marketing kredit mikro.

Kesuksesan seorang marketing akan berdampak pada karir pribadinya dan perusahaan. Banyak kepala cabang yang menjadi leader berawal dari seorang marketing kredit mikro yang sukses.

Selain itu, marketing bank yang achieve target, kesuksesannya akan bergerak estafet pada target divisi perusahaan yang lain. Contohnya, 1 orang menjadi nasabah kredit mikro, kemudian membuka rekening, nabung dan setor di bank itu, secara tidak langsung dia telah membantu target funding, tabungan dan meningkatkan transaksi bank itu.

Oleh Sebab itu, Marketing Bank harus tahu bagaimana cara mencari serta menarik nasabah. Berikut ini cara-caranya.

6 Cara mencari nasabah kredit Bank dengan efektif
  1. Database

Untuk mendapatkan database para pengusaha ditempat kamu bekerja, kamu bisa datang langsung ke ke Kelurahan, Kecamatan atau ke DISPERINDAG. Kalau saya lebih menyarankan ke disperindag karena datanya lebih banyak dan lengkap.

Tetapi kalau ingin update Kelurahan juga bisa, kalau di daerah kelurahan biasanya hafal detail dan update tentang warga yang baru memulai usaha dan sudah lama memiliki usaha. Nah kedua intansi ini saya gunakan sebagai cara mencari nasabah kredit mikro.

  1. Referral Existing

Melalui referral existing kamu tidak perlu susah mencari nasabah, bisanya nasabah memberikan referensi rekan bisnis nya yang sudah kenal banget sampai detailnya. Nah, jika kamu banyak nasabah existing, kunjungi secara berkala siapa tahu ada referensi nasabah yang mau mengajukan pembiayaan.

Tetapi, kamu juga harus tetap hati-hati karena tidak semua nasabah yang direkomendasikan sesuai dengan indikator nasabah yang baik.

Nah begitulah bagaimana cara mencari serta menarik nasabah ketika saya kerja di Bank.

  1. Perbanyak Relasi

Cara mencari nasabah bank selanjutnya adalah dengan memperbanyak relasi. Usahakan agar relasi anda berbeda profesi, mulai dari Pengusaha hingga karyawan swasta. Semakin banyak relasi semakin banyak peluang kamu mendapatkan nasabah.

  1. Ikut Komunitas

Mengikuti dan bergabung komunitas adalah salah satu cara yang efektif untuk memperbanyak relasi.  Karena dalam satu komunitas angotanya berbeda backgoundnya. Contoh dalam komunitas Bersepeda. Anggotanya banyak para pengusaha dan pegawai kantoran yang mengisi waktu libur mereka.

Nah kesempatan ini sering saya gunakan sebagai cara mencari nasabah pinjaman. Usahakan anda kenal semua, kalau sudah kenal kebutuhan yang berkaitan dengan bank biasanya yang akan dihubungi pertama kali adalah teman dekatnya.

  1. Sebar Brosur

Sebar brosur juga adalah salah satu cara mencari nasabah pinjaman. Tetapi usahakan sebar brosur sesuai profesi nasabah. Sebar brosur ditempat yang sering dikunjungi orang. Usahakan brosur dapat menarik perhatian nasabah dan disertai nomor kontak anda

  1. Door To Door

Cara mencari nasabah kredit bank dengan efektif yang terakhir adalah dengan door to door. Setelah anda mendapatkan database nasabah. Kini saatnya anda mengunjungi satu persatu nasabah yang anda kira sesuai kriterianya. Kalau sudah punya database nasabah, biasanya cara ini hanya sampingan saja, karena anda sudah memiliki target nasabah yang akan dikunjungi dan sudah janjian By phone sesuai database.

Jadi anda tidak usah lagi bingung nyari pipeline. Karena saya yakin nasabah yang akan anda kunjungi banyak sekali tiap harinya.

Itulah 6 cara mencari nasabah kredit bank dengan efektif yang saya lakukan bersama teman-teman marketing yang sukses, kini saatnya anda untuk mempraktekannya.

Gambar Gravatar
Soraya Utami adalah seorang penulis yang mempunyai pengalam di bidang perbankan selama 6 tahun dan menjalani profesi seorang marketing di salahsatu Bank Swasta di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.